Tes Kemampuan Penalaran

Tes Kemampuan Penalaran berfungsi mengukur kemampuan seseorang dalam penalaran dan pemecahan persoalan secara logis atau masuk akal. Tes logika ini meliputi tes logika umum, tes analisa pernyataan dan kesimpulan (silogisme), tes logika cerita dan tes logika diagram.

Contoh Soal Penalaran

Perhatikan contoh soal penalaran berikut. Suradi adalah seorang buruh pabrik. Banyak buruh pabrik yang malas kerja. Agus adalah teman Suradi. Maka:

A.    Suradi itu malas
B.    Agus itu malas
C.    Agus mungkin teman sekerja Suradi
D.   Teman-teman Agus semuanya rajin

Pembahasan:

Tentang Agus hanya kita ketahui bahwa Agus adalah teman Suradi. Dan Suradi adalah buruh pabrik. Terlepas dari persoalan ‘banyak buruh pabrik yang malas’, mungkin buruh pabrik lainnya atau malah buruh pabrik di tempat Suradi bekerja. Tetapi yang jelas Agus mungkin teman sekerja Suradi. Jadi kesimpulan (C) yang tepat.

Contoh Soal Deret Angka

1. 10,  20,  22,  11,  22,  24,  12, . . . .

A.  20 dan 22             C. 22 dan 24
B.  22 dan 26             D. 24 dan 26

Pembahasan:
Mulai dari angkat pertama menuju angka kedua itu dikalikan 2. Setelah itu ditambah 2 kemudian dibagi 2. Begitu seterusnya. Jadi jawabannya D.

Contoh Soal Gambar

Pembahasan:

Mulai dari bentuknya. Segitiga berubah jadi Segiempat. Lalu bertambah 1, menjadi segilima, kemudian terakhir jadi segi enam. kemudian isi didalamnya kita perhatikan. berwarna dan tidak berwarna. deret selanjutnya adalah berwarna hitam (seling 1 bangun). Yang pertama berisi 8, kemudian dibagi 2, menjadi 4, kemudian dibagi 2, menjadi 2. Dan yang terakhir 2 dibagi 2 adalah 1. Jadi jawabannya A.