Pengenalan Tes Potensi Akademik (TPA)

Apakah yang dimaksud dengan Tes Potensi Akademik (TPA)?
Tes Potensi Akademik adalah sebuah tes yang bertujuan untuk mengetahui bakat dan kemampuan seseorang dibidang akademis atau keilmuan.

Untuk tujuan apakah diadakan Tes Potensi Akademik (TPA)?
Di Indonesia, Tes Potensi Akademik ini umumnya dipergunakan sebagai syarat penerimaan mahasiswa S1, S2 dan S3, juga dalam penyaringan Calon Mahasiswa Sekolah Kedinasan, rekrutmen karyawan swasta dan BUMN, bahkan juga dipakai sebagai syarat kenaikan jabatan setingkat manajer di bidang pekerjaan.

Apa sajakah yang diujikan dalam tes TPA?
Tes Potensi Akademik ini mengujikan empat bidang kemampuan. Yaitu, kemampuan seseorang dibidang verbal atau bahasa, kemampuan seseorang dibidang numerik atau angka, kemampuan seseorang dibidang logika, dan kemampuan dibidang spasial atau gambar.

Apa Itu tes verbal?
Tes yang berfungsi mengukur kemampuan seseorang di bidang kata dan bahasa. Tes ini meliputi tes sinonim (persamaan kata), tes antonim (lawan kata), tes padanan hubungan kata, dan tes pengelompokan kata.

Apa itu tes angka?

Kemampuan seseorang di bidang angka, dalam rangka berpikir terstruktur dan logis matematis diukur melalui tes ini. Ia meliputi tes aritmetik (hitungan), tes seri angka, tes seri huruf, tes logika angka, dan tes angka dalam cerita.

Apa itu tes logika?

Jenis tes ini cocok untuk mengukur kemampuan seseorang dalam penalaran dan pemecahan persoalan secara logis atau masuk akal. Tes logika umum, tes analisa pernyataan dan kesimpulan (silogisme), tes logika cerita, serta tes logika diagram adalah bentuk-bentuk tes dalam tes logika.

Apa itu tes spasial atau gambar?

Tes ini berfungsi mengukur daya logika ruang seseorang. Yang termasuk dalam tes spasial atau gambar adalah tes padanan hubungan gambar, tes seri gambar, tes pengelompokan gambar, tes bayangan gambar, dan tes identifikasi gambar.

Bagaimana cara mempersiapkan diri untuk menghadapi Tes Potensi Akademik ini?
Seperti halnya tes-tes lainnya, untuk menghadapi tes TPA ini anda harus banyak berlatih, berlatih dan berlatih soal. Dengan berlatih, anda menjadi akrab dengan berbagai jenis dan tipe soal, sehingga kemampuan analisa anda semakin terasah dan semakin tajam. Kemampuan analisa yang tajam ini sangat membantu anda nantinya dalam menempuh tes TPA dan meraih skor hasil yang optimal.

Saya ingin kemampuan TPA saya meningkat. Bagaimana cara untuk meningkatkan nilai TPA saya?
Untuk meningkatkan kemampuan Tes Potensi Akademik (TPA),  anda harus menguasai trik-trik tertentu. Dengan trik-trik tersebut, anda memiliki peluang besar untuk meningkatkan nilai TPA sangat Anda. Trik ini dapat anda temukan dalam E-BOOK Rahasia 10 Detik Sukses Soal TPA 2013.

You can leave a response, or trackback from your own site.

2 Responses to “Pengenalan Tes Potensi Akademik (TPA)”

  1. Ninies says:

    Terimasih yang tak terhingga untuk materi TPA nya, ini sangat berarti sekali bagi kami, semoga ilmu ini menjadi ladang amal untuk saudara.
    amin

Leave a Reply